Sunday, July 8, 2012

mengutuk kegelapan bukanlah solusi

Rasulullah SAW tahu bahwa kota mekkah kala itu bukanlah kota yang semua orangnya sudah beriman kepada Allah SWT, Rasulullah tahu bahwa disana banyak sekali kedzhaliman, kemusyrikan, dan kemiskinan akhlak terjadi. Tentu Rasulullah tidak berdiam diri melihat kemungkaran yang terjadi didepan matanya. Yang pertama Rasulullah lakukan adalah bukan mengumpulkan atau mencari masa untuk menghancurkan apa yang ada di kota mekkah kala itu. Rasulullah juga tidak mengutuk atau mencaci maki setiap kegelapan yang terjadi di kota mekkah. Tapi yang beliau lakukan adalah dengan berdakwah mengajak istri dan para sahabatnya untuk menguatkan tauhid di dalam dada sebelum bergerak untuk merubah wajah peradaban kota mekkah. Rasulullah SAW tahu bahwa mencaci maki kegelapan bukanlah suatu solusi, karena yang di butuhkan untuk merubah wajah peradaban kota mekkah dan penduduknya adalah sebuah tindakan yang nyata disertai dengan keimanan serta niat yang lurus karena Allah. Dengan segala kelembutan dan ketegasan Rasulullah dalam mengajak para sahabat untuk bisa mengenal islam memang butuh perjuangan dan proses, semuanya itu tidak ada yang instan, Rasulullah datang dengan damai membawa pesan pesan dari Allah SWT melalui malaikat Jibril untuk disampaikan kepada para Sahabat. Indahnya Akhlak beliau benar benar terpancar, makanya beliau mendapatkan gelar Al-Amin. Dengan proses dan perjuangan yang panjang bersama para sahabat akhirnya Rasulullah pun dapat merubah kembali wajah peradaban kota mekkah tanpa setetes darahpun, Rasulullah bersama para sahabat datang dengan damai ke kota mekkah dan mengajak para penduduk kota mekkah untuk kembali kepada Islam yang damai. 

Banyak hal yang bisa kita ambil dari setiap kisah peralanan dan perjuangan Rasulullah dalam menyampaikan cahaya islam. Sungguh setiap perjuangan sekecil apapun akan di catat oleh malaikat kebaikan, dan sungguh setiap niat yang mellintas akan di ketahui oleh Allah yang maha mengetahui. Saat ini negeri kita sedang mendapatkan banyak cobaan mulai dari bencana alam, kejahatan, kasus korupsi, dll. Yakinlah bahwa setiap permasalahan yang ada di negeri ini akan bisa di atasi dengan cara yang baik dan solusi yang terbaik. Bukan dengan mencaci maki tanpa solusi, lebih baik kita menyalakan lilin daripada harus mengutuk kegelapan. 

Mengutuk kegelapan bukanlah solusi, karena sungguh Allah lah yang punya kuasa untuk bisa merubah wajah peradaban negeri ini dan seluruh penduduknya agar bisa kembali kepada jalan islam yang indah. Tinggal bagaimana dengan posisi kita, apakah kita berada dalam barisan pengutuk tanpa solusi, atau memilih berada dalam barisan orang yang berjuang dengan sungguh sungguh karena Allah SWT untuk merubah negeri ini menjadi lebih baik lagi. masih ingatkah degan rumus 3 M : mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang terkecil dan mulai saat ini. Yakinlah pertolongan Allah itu begitu dekat sebagaimana janjiNya dalam ayat yang begitu indah ini :

“Hai orang-orang yang beriman jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”.(Muhammad : 7)

“Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa”. (Al Hajj : 40). 

Tak perlu pesimis bahwa negeri ini akan terus terpuruk, yakinlah bahwa negeri ini akan bangkit, karena sungguh harapan itu masih ada selama kita menggantungkan harapan kita kepada Allah, semangat ikhtiar dan doa kita semata mata hanya karena Allah.

9 Juli 2012








Gunawan Alfarizi,
Mahasiswa Ekstensi 2011 Institut Sains Dan Teknologi Nasional |
Teknik Telekomunikasi | Blogger Mania | Kontributor Penulis 165 |

0 comments:

Post a Comment