Tuesday, April 30, 2013

Cara Setting IP Static pada server WD Sentinel DX4000 8 TB

PENGENALAN 
WD Sentinel adalah server penyimpanan yang terpasang pada jaringan (NAS) dan dirancang untuk usaha kecil. Server ini menyediakan hingga 9 terabita penyimpanan RAID kelas perusahaan besar dan akses jarak jauh menggunakan fitur Remote Web Access pada sistem operasi Windows® Storage Server 2008 R2 Essentials dari Microsoft®. “WD Sentinel Dashboard benar-benar mudah digunakan, dan menyambungkan PC kami ke server merupakan pekerjaan yang sangat mudah”,WD Sentinel digerakkan oleh prosesor dual-core Intel® Atom™, yang menjalankan proses backup dan transfer file dengan sangat cepat serta mendukung keberlangsungan bisnis melalui keandalannya yang luar biasa.

Pada kesempatan kali ini saya mau coba sharing seputar cara setting ip static pada server WD Sentinel DX4000 8 TB. Kebetulan boss saya mau backup data yang lumayan besar, jadi kita pakai 2 buah WD Sentinel DX4000 8 TB. Sebenernya mudah banget buat settingnya, kalau kita pakai kabel usb to usb itu akan lebih memudahkan kita dalam memindahkan data dari hardisk yang ada di PC ke WD Sentinel DX4000. Sayangnya kabel usb to usb tidak ada semaktu kami mau backup data, jadi kita menggunakan jaringan LAN untuk proses trasnper datanya. Pertama dibelakang WD Sentinel DX4000 8 TB ada dua buah port ethernet yang bisa digunakan, dimana satu port ehternet disambungkan ke jaringan LAN ( DHCP), dan satu lagi dikoneksikan ke PC. Default untuk settingan LAN pada WD Sentinel DX4000 8 TB ini adalah DHCP sehingga untuk merubahnya, sehingga ketika WD Sentinel DX4000 8 TB baru pertama kali kita pakai dan kita konesikan ke jaringan statik maka WD Sentinel DX4000 8 TB tidak akan mendapatkan ip, maka kita perlu mengubahnya secara manual, cekidot :
Diasumsikan aplikasi dashboard WD Sentinel DX4000 8 TB sudah terinstal terlebih dahulu di PC.

1. Pertama koneksikan satu port ethernet ke jaringan LAN ( DHCP ) dan satu lan lagi ke PC server yang berisikan data2 yang akan dibackup ke WD Sentinel DX4000.
2. Tunggu beberapa menit, sampai nanti pada bagian depan WD Sentinel DX4000 terdapat keterangan IP ( misal : 192.168.X.X ).
3. Jika sudah muncul, maka kita bisa remote ip tersebut pada PC yang sudah terkoneksi dengan WD Sentinel DX4000 dengan menggunakan remote desktop connecetion.
4. Masukkan password ( yang sudah tersetting ketika proses instalasi ).
5. Install Certificate.
6. Maka selanjutnya kita akan masuk kedalam sistem operasi windows di WD Sentinel DX4000.
7. Masuk ke control panel --> pilih pada settingan network --> lanjut setting Ip secara statik pada salah satu ethernet --> save --> close aplikasi.
8. Pada saat settingan sudah disave maka aplikasi akan mengalami hang sejenak ( karena ip sudah diganti ), selanjutnya WD Sentinel DX4000 8 TB bisa langsung dipakai pada jaringan statik. ( jangan lupa jika ingin dikembalikan ke settingan DHCP, maka WD Sentinel harus disetting dahulu di jaringan statik karena jika langsung dipasang dijaringan DHCP maka tidak akan dapat IP. )





 




Penulis,
Gunawan Alfarizi,
Mahasiswa Ekstensi 2011 Institut Sains Dan Teknologi Nasional |
Teknik Telekomunikasi | Blogger Mania | Kontributor Penulis 165 |

0 comments:

Post a Comment