Friday, October 22, 2010

HATI HATI KEMALINGAN WAHAI MAHASISWA...


Tahun 2010 merupakan tahun dimana jumlah mahasiswa yang ada di lingkungan kampus Yayasan Pendidikan Telkom (ITT,Poltek telkom, IMT ) bandung meningkat drastis,dulu sebelum tahun 2010, kampus yang ada dilingkungan dayeuhkolot hanya ada 2 yaitu ITT dan politeknik Telkom Bandung, dan Politeknik Telkom Sendiri baru berdiri sekitar 3 tahun, yaitu didirikan pada 27 september 2007, meningkatnya populasi mahasiswa yang ada di lingkungan Telkom Education Park ini sering menimbulkan banyak permasalahan baru, terutama masalah perubahan kultur, sampai masalah keamanan. Rumah Rumah yang ada disekitar kampus seketika BIMSALABIM berubah menjadi kos kosan untuk mahasiswa tinggal, dananu kecil yang ada di Sukapura pun berubah menjadi daratan yang siap untuk dibangun menjadi sebuah tempat kos, begitu juga danau kecil yang ada di sukabirus, yang apabila kita cari di google map, masih tampak danau tersebut ada, sekarang sudah berubah menjadi daratan dan sudah dibangun oleh kos kosan elit bertinggat. Tingkat kepadatan penduduk yang begitu meninggat drastis ini menyebabkan timbulnya beragam masalah salah satunya adalah masalah keamanan. hampir setiap tahun ada beberapa kejadian disekitar lingkungan kampus, kejadian yang paling sering adalah KEMALINGAN & PERAMPOKAN, dan menurut laporan yang saya dapatkan, tingkat Kejahatan ( maling,perampokan ) lebih banyak terjadi di tahun 2010. pada bulan september saja dikosan saya sudah KEHILANGAN LAPTOP, 2 HP, DAN JUGA UANG, kemudian di daerah sukabirus pun sampai ada yang kehilangan MOTOR padahal kosan yang kemalingan tersebut memiliki satpam, kemudian ada portal dan juga pagar besi yang secara logika sangat sulit untuk di jelajahi oleh MALING. bahkan yang lebih parah adalah perampokan, seperti contoh yang pernah dialami oleh salah satu mahasiswa dari poltek yang ketika mengendarai motor pada jam 11 malam, dihadang oleh 2 orang tak dikenal, langsung seketika mahasiswa tersebut dihajar dan alhasil motor dan seperangkat laptoppun leyap, dan mahasiswa itupun babak belur dihajar oleh 2 perampok tadi. kemudian kejadian yang lainpun menimpa adik kelas saya angkatan 2009, dimana dia harus kehilangan motor sahabatnya yang dia pinjam, baru ditinggal sebentar di depan halaman kosannya, motor tersebut sudah lenyap. kalopun diceritakan sudah banyak sekali kejadian ini terjadi, tidak hanya di dalam kosan bahkan kampus dan juga lingkungan sekitar kampus sudah sangat sering terjadi perampokan dan pencurian!, lalu bagaimana seharusnya kita ? ada beberapa tips sederhana dari saya untuk menghindari aksi pencurian dan perampokan, CEKIMBROT :

=UNTUK AREA KOS KOSAN=
- pilihlah kos kosan yang memiliki pagar & pintu keamanan!
- pilihlah kos kosan yang tidak terlalu jauh dari rumah penduduk / yang punya kosan!
- laporkan keberadaan kita pada RT/RW setempat ( silaturahmi )
- pilihlah kos kosan yang tidak bercampur baur dengan lawan jenis!
- Gunakan Kunci Ganda pada pintu kamar, Alias Gembok, kebanyakan modus pencurian yang sering terjadi di kos kosan yang sudah lama berdiri adalah karena orang yang sebelumnya menempati kamar kita juga memiliki kunci yang sama dan bisa digandakan, yang menyebabkan adanya kemungkinan kamar kita bisa dimasuki oleh penghuni lama yang tidak kita kenal, INTINYA WASPADA!.
- Pasang Tralis untuk jendela kamar, karena seperti yang sudah pernah terjadi di kosan saya, bagaimana si MALING membobol jendela ( yang belum ada tralisnya ) hanya dengan menggunkan obeng biasa,
- jangan titipkan kunci pada orang / teman yang baru kita kenal di kosan!
- Usahakan tidak membuat kunci ganda, kalaupun kuncinya hilang, lebih baik ganti bunga pintu secara keseluruhan!
- tidak menaruh barang barang berharga sembarangan, misal laptop, hp, dompet.
- simpan barang barang berharga pada tempat yang aman dan hindarkan menaruhnya dekat dengan pintu kamar!

=UNTUK KENDARAAN=
- jangan sembarangan memberi pinjam kendaraan pada orang atau teman yang baru dikenal.
- jangan menggandakan kunci kendaraan, kalaupun darurat, lebih baik buat di tempat yang jauh dari tempat kita tinggal!.
- gunakan kunci ganda ( genmbok ) pada cakram motor.
- pasang alarm motor ( sekarang sudah murah tuh ) ^^
- jangan memarkir motor diarea yang sepi atau diluar pagar kosan!
- simpan motor di bagasi + di gembok, atau simpan di tempat parkiran kampus!

=UNTUK LAPTOP=
- untuk para mahasiswa jangan membawa laptop dalam keadaan di jinjing ( walaupun lagi trend laptop di jinjing ),karena dapat memicu tindakan pencurian, sebagai contoh mahasiwa angkatan 2007 yang pernah diikuti dan di jambret tas laptopnya dan akhirnya lenyap dibawa kabur!.
- bawalah laptop dengan menggunakan tas khusus laptop biasa yang harganya terjangkau.
- tidak sembarangan meminjamkan laptop pada orang lain!
- jangan membawa laptop untuk ngenet di kampus pada malam hari!
- tidak sembarangan meninggalkan laptop di kamar kosan, kalaupun mau ditinggalkan pastikan kamar terkuci dengan baik, dan laptop disimpan di tempat yang aman dari jangkauan!

=UNTUK AKTIFITAS MALAM=
- hindari melewati atau pulang malam di daerah yang sepi dari penduduk, terutama daerah daerah yang gelap.
- jangan membawa barang barang yang berharga & dapat memicu perampokan!


INGAT KATA BANG NAPI, KEJAHATAN TIDAK HANYA TERJADI KARENA NIAT DARI PELAKU, TETAPI JUGA KARENA ADA KESEMPATAN, WASPADALAH WASPADALAH WASPADALAH!!


- SOK MANGGA KALO ADA YANG MO NAMBAHIN ^^ -

-alfarizi-

2 comments:

Post a Comment