Thursday, May 3, 2012

Realita Iklan Rokok


Hampir setiap kali kita nonton Tv di stasiun swasta pasti ada yang namanya IKLAN sebagai bagian dari jeda atau ajang promisi setelah acara utama yang ditanyangkan oleh Stasiun Tv. Kalau coba kita perhatikan kebanyakan dari iklan Tv yang sering muncul adalah iklan rokok ataupun iklan suatu event yang di sponsori oleh perusahaan industri rokok. Hampir 3 sampai 4 kali iklan rokok dengan merk yang berbeda muncul di setiap kali jeda acara Tv. Beragam macam tampilan promosi yang di hadirkan dengan rate waktu sekian detik dari iklan rokok ini seolah di buat seperti hal hal yang berbau HEROIK, ADVENTURIAL, SPORT, dll sebagai bentuk bungkusan yang dapat menarik orang untuk bisa menikmati rokok. Ya tayangan ini seolah olah menghipnotis para penikmat rokok untuk semakin mencintai rokok dan terus mengkonsumsi rokok, padahal kalau kita perhatikan dengan seksama disemua iklan rokok yang muncul TIDAK ADA SATUPUN ADEGAN YANG DI DALAMNYA MENAYANGKAN ORANG YANG SEDANG MENIKMATI ROKOK..!!! justru yang di munculkan dalam iklan rokok ini sendiri kebanyakan adalah bertemakan tentang semangat , kebersamaan, Keberanian, kecerdasan, dll yang di balut dengan lebel lebel merek rokok itu sendiri. Perhatikan kembali di akhir setiap iklan rokok yang tanyang, pasti akan terdapat himabuan berupa gambar di bawah ini : 
                                     
Ya hanya seperdetik dari himbauan ini muncul di akhir iklan rokok, bahkan hampir disemua bungkus rokok ataupun baliho yang menampilkan iklan rokok, himbauan ini selalu terpampang dengan jelas di bagian bawah. Ya Iklan rokok lebih banyak waktunya di bandingkan dengan himbauan yang di sampaikan. Padahal kalau kita bertanya pada hati kecil kita yang paling dalam, semua orangpun tahu bahwa rokok itu bahaya dan merugikan. Kemudian Fenomena selanjutnya dari iklan rokok ini adalah, banyaknya acara ataupun event yang di sponsori oleh perusahaan rokok, baik itu event musik, olah raga, bahkan ajang kompetisi bakat sekalipun. Ya inilah realita yang setiap hari kita temukan, baik di tv, internet, radio, koran, majalah, bahkan dijalanan sekalipun pasti iklan rokok itu banyak bertebaran di mana mana. Saatnya kita membuka hati dan jangan menutup mata akan bahaya rokok, sesuatu yang bahanya sudah jelas seharunya mampu membuka hati dan mata kita untuk bisa menghindarinya sedini mungkin. Untuk kita, anak anak kita dan generasi setelah kita, selamatkan bangsa ini dari bahaya rokok.


-Gunawan Alfarizi-

MNC 04 Mei 2012







Gunawan Alfarizi,
Mahasiswa Ekstensi 2011 Institut Sains Dan Teknologi Nasional |
Teknik Telekomunikasi | Blogger Mania | Kontributor Penulis 165 |

0 comments: