Monday, December 10, 2012

Indahnya Harmonisasi dan sinergi dalam perbedaan


Ketika kita melihat proses pembangunan suatu rumah, pernah kita berpikir sejenak bahwa rumah itu terdiri dari beberapa macam bahan bangunan dimana setiap elemen bangunan tersebut memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda beda. Semen, pasir, batu, tanah, kayu dan besi semuanya adalah elemen memiliki perananan tersendiri dalam bersinergi untuk bisa olah menjadi sebuah bangunan atau tempat tinggal yang nyaman. Elemen elemen yang berbeda inilah yang akan bersinergi menjadi suatu harmonisasi bangunan yang kokoh. Apabila elemen elemen ini tidak saling mendukung dan saling menguatkan mana mungkin akan tercipta bangunan yang bediri kokoh. Itulah sebuah perumpamaan akan sebuah perbedaan yang saling menguatkan dan saling bersinergi untuk bisa mencapai satu tujuan tertentu. Laksana kehidupan yang kita jalani, tentu kita tidak akan pernah luput dari segala macam perbedaan yang ada disetiap episode kehidupan kita. Karena sungguh hidup dalam suatu perbedaan bukan berarti kita harus menyamakan setiap perbedaan yang ada, tugas kita adalah untuk saling bersinergi dan menciptakan harmonisasi dalam perbedaan yang ada didalam kehidupan kita. 

Maka perbedaan macam apapun yang kita temui didalam kehidupan kita, sikapilah dengan baik tanpa menganggap apa yang kita lihat berbeda itu salah ataupun lebih buruk dari apa yang kita miliki. Jadikanlah setiap perbedaan yang ada untuk saling menguatkan bukan saling melemahkan. Tengoklah bagaimana alam semesta raya ini Allah ciptakan dengan begitu indah dan sempurnanya, matahari, bulan, bumi dan planet planet yang melintasi setiap lintasan orbit semuanya Allah ciptakan dengan berbeda beda dan memiliki fungsi yang berbeda pula, matahari sebagai pusat tata surya yang senantiasa ikhlas memberikan cahayanya untuk setiap planet yang mengelilinginya, bulan yang senantiasa hadir menemani sang bumi kala malam hari, bintang gemintang yang dengan begitu indahnya hadir menemami sang rembulan menghiasai langit dimalam hari, indah bukan, mereka semua memiliki fungsi dan peranan tersendiri dan mereka hadir untuk saling melengkapi sehinga tercipta harmonisasi alam semesta raya yang begitu indah dan sempurna.

Kemudian lihatlah bagaimana taman bunga yang begitu indah, bukan kan mereka terdiri dari berbagai macam aneka jenis bunga yang menampilkan keindahan pesona aroma dan warna yang indah. Itulah perbedaan dalam harmonisasi keindahan, kehadiran setiap bunga yang tumbuh dalam satu taman memberikan peran tersendiri dalam mewarnai taman agar setiap mata yang memandangpun dapat menikmati keindahannya.

Maka mulai saat ini sikapilah setiap perbedaan yang ada dengan bijak, bukan untuk saling melemahkan. Perbedaan yang ada haruslah saling menguatkan laksana bangunan yang kokoh, perbedaan yang ada haruslah saling bersinergi laksana alam semesta raya, dan perbedaan yang ada haruslah saling mengindahkan laksana taman bunga, itulah indahnya harmonisasi dan sinergi dalam perbedaan.


Wallahualam Bissawab,

10 Desember 2012







Gunawan Alfarizi,
Mahasiswa Ekstensi 2011 Institut Sains Dan Teknologi Nasional |
Teknik Telekomunikasi | Blogger Mania | Kontributor Penulis 165 |

0 comments:

Post a Comment