Tuesday, September 4, 2012

Menjemput Inspirasi kedalam tulisan

Pena tak mungikin bisa menorekah secercah titiknya pada sehelai kertas kosong jika tidak ada tangan yang menggerakkan , pikiran yang berimajinasi, dan hati yang merasakan. Kombinasi yang harmonis dalam untaian kata disetiap tulisan yang kita torehkan tentunya tidak luput dari sebuah inspirasi yang bersemayam di dalam benak pikiran kita. Inspirasi hadir bukan tanpa sebab, ia hadir karena ada hasrat dan keinginan halus yang tidak bisa di gambarkan melalui bahasa hati. Ia hadir karena ada rangsangan yang mengundangnya untuk datang dan memberikan warna dalam benak kita. Rangsangan ini bisa berupa aktifitas dari mulai membaca buku hingga membaca pesan yang tersirat yang ada di alam sekitar. Banyak penulis penulis hebat dan penemu penemu hebat karena mereka tidak berdiam diri menunggu datangnya inspirasi, justru mereka aktif menjemput setiap inspirasi yang ada di dalam kehidupannya agar tak hanya menjadi imajinasi belaka yang tak hanyata, mereka menorehkan setiap jengkal inspirasinya kedalam bentuk karya nyata yang bisa di rasakan oleh banyak Salah satu dari sekian banyak karya yang bisa kita rasakan secara langsung adalah, sebuah tulisan. Tulisan akan terasa hampa dan tak ada makna manakala kita tidak menyertakan inspirasi kita kedalamnya. 

Setiap orang memiliki caranya tersendiri untuk mengungkapkan setiap inspirasi yang ia dapatkan untuk di lukiskan kedalam sebuah tulisan dengan beragam macam gaya bahasa. Salah satunya adalah Bahasa hati yang  akan berperan penting manakala ia disertakan untuk memberikan warna disetiap bait kata yang terususun dengan harmonis dengan kata kata yang lain sehingga terbentuk rangkaian kalimat yang penuh makna dan dari kalimat akan menjadi pondasi tuisan yang berkesan untuk di baca. Maka ikatlah setiap inspirasimu saat ini dengan pena agar ia bisa berubah wujud dari bayangan indah yang ada di dalam benak kita menjadi sebuah karya tulisan yang penuh makna. Kemudian sebagai manuver penguat untuk inspirasi kita agar tidak kandas adalah dengan membaca apa yang ada di alam sekitar, meresapi dan mengambil makna dari setiap pesan  pesan terisat yang ada disetiap sudut kehidupan kita. 

Mulailah saat ini juga untuk menjemput inspirasi agar segera hadir di benak kita, dan mulailah menggunakan bahasa hati untuk merangkai setiap imajinasi inspiasi  kedalam bentuk tulisan sederhana. Tangkaplah setiap pesan tersiat dari episode kehidupan yang kita jalani setiap hari. Mulai dari satu huruf, kata, kalimat, hingga menjelma menjadi kumpulan tulisan yang penuh makna. 

Sungguh, begitu banyak pesan yang bersemayam di dalam setiap episode kehidupan yang kita lalui, dan sangat disayangkan jika kita tidak menyadari dan mengambil waktu sejenak untuk meresapi dan mangambilnya agar berbuah inspirasi. Iqra..!!! Bacalah dengan nama Tuhanmu, itulah perintah pertama yang diterima oleh Rasulullah SAW, tak hanya sekedar membaca sesuatu yang berbentuk tulisan dan rangkaian kata, tetapi juga membaca segala yang ada di dalam kehidupan kita yang telah Allah siapkan untuk kita cermati dan pelajari. 

Hidupmu adalah inspirasimu.
Selamat menjemput inspirasi sahabatku,

03 September 2012

Gunawan Alfarizi

Mahasiswa Ekstensi 2011 Institut Sains Dan Teknologi Nasional |
Teknik Telekomunikasi | Engineer On Site PT Telkom | Kontributor Penulis 165


0 comments:

Post a Comment