Friday, October 12, 2012

Blog Sarana Berbagi Kreativitas

Blog Sarana Berbagi  Kreativitas

Banyak media yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan dan berbagi kreativitas didunia Internet. Salah satu media yang familiar digunakan oleh banyak kalangan adalah blog ( blogspot, wrodpress, multiply, dll ). Blog ini sendiri merupakan media yang free alias gratis sehingga mudah untuk dimanfaaatkan oleh banyak user. Cukup dengan satu buah account email sudah bisa digunakan untuk membuat satu buah blog dan dari blog ini kita bisa mengelolanya sebagai situs pribadi kita. Pemanfaatannya bermacam macam salah satunya adalah sebagai sarana mengembangkan kreativitas tulisan yang nantinya dari hasil tulisan yang kita masukkan kedalam blog kita kemudian bisa kita share kebanyak orang dengan mudah melalui jaringan internet. Penggunaan dari blog ini sendiri begitu mudah digunakan, semudah penggunaan facebook dan twitter ataupun situs jejaring sosial yang lainnya. Kita tidak perlu repot memikirkan masalah hosting domain untuk menentukan nama blog yang nanti akan kita kelola. Cukup pada saat register kita bisa memilih sendiri nama blog kita sesuai dengan kebutuhan kita.  kita juga bisa mengkreasikan bentuk tampilan atau template dari blog yang kita buat sesuai dengan karakter kita sendiri dan itu bisa didapatkan secara gratis diinternet. Kemudian kita juga bisa memasang banyak link link informasi penting yang kita butuhkan didalam blog yang kita kelola yang nantinya bisa kita manfaatkan sebagai sumber ide dari tulisan kita. Simpel bukan....

Begitulah mudahnya menggunakan Blog, sehingga kalau kita umpamakan blog ini seperti diari kehidupan kita yang bisa diisi dengan berbagai informasi yang kita suka dari mulai aktifitas keseharian , hasil diskusi, kumpulan cerita, dan ide ide unik yang lainnya. Teknologi Mobile Phone juga bisa dimanfaatkan untuk kita dalam mengakses blog yang kita kelola kapanpun dan dimanapun selama masih ada koneksi internet. Sungguh sangat disayangkan sekali jika kita punya koneksi internet hanya digunakan untuk sekedar browsing dan  update status difacebook  tetapi kita tidak berani untuk meluncur menggunakan blog. Padalah kalau kita mau mengumpulkan kumpulan infromasi yang ada diinternet ataupun status status kita dari awal kita berkecimpung didunia facebook bisa saja kita masukan dan dijadikan sebuah tulisan kemudian kita posting diblog. Memang para blogger pemula awalnya akan merasa pesimis jika tulisan yang dibuatnya tidak dibaca atau tidak terkenal, padahal bukan itu tujuan utama dari kita berkecimpung didunia blog. Kita harus menjadikan blog sebagai media untuk mengasah kemampuan dan kreativitas dari ide ide yang kita miliki sehingga bisa kita tulis. Karena dengan sendirinya jika kita mau untuk rutin menulis diblog maka tulisan kita nanti akan bisa dinikmati banyak orang. Tinggal bagaimana kita mau untuk aktif berkunjung, sharing dan diskusi dengan para blogger yang lain. Ingat untuk bisa menjadi seorang bloger yang kreatif kita tidak perlu harus jago coding atau jago tentang pemprograman web. Karena blog diciptakan bukan untuk programmer , web master ataupun orang yang ahli di bidang IT saja, tetapi untuk semua kalangan yang suka dan hobi berseluncur didunia internet. 

Jika kita cermati banyak penulis penulis terkenal yang juga masih tetap aktif menuangkan ide kreativitasnya diblog agar bisa dibaca dan dinikmati oleh banyak orang. Contohnya adalah Raditya Dika, ia berhasil membukukan tulisan tulisan yang ada diblog pribadinya, bahkan dari hasil karyanya  tersebut kemudian dibuat menjadi film yang berjudul KAMBING JANTAN. Kemudian kita juga bisa melihat tulisan tulisan dan karya menarik inspiratif lainnya dari Mbak Asma Nadia yang juga masih aktif untuk membagikan tulisan tulisannya melalui blog pribadinya. Semuanya berawal dari sesuatu yang disederhana dan simpel, karena dengan kita menulis diblog kita bisa mengembangkan pengalaman dan ilmu yang kita dapatkan kemudian kita bisa kelola tulisan kita agar bisa menjadi tulisan yang inspiratif dan syarat informasi. Dunia maya ini begitu luas, dengan menggunakan mesin pencari seperti google kita dengan begitu mudahnya menemukan banyak blog yang bagus untuk kita kunjungi dan kita ambil informasi didalamnya kemudian kita kembangkan dengan ide ide kreativ yang kita miliki.

SIMPEL..!!!

Layaknya seperti facebook dan twitter, blog juga memiliki fitur untuk kita bisa bertukar informasi selain dari kolom komentar, kita bisa menggunakan fasilitas follow me. Dengan fasilitas follow me ini kita bisa berteman dengan banyak bloger terkenal diseluaruh diunia. Dari hasil follow me ini maka secara otomatis setiap postingan dari link blog yang kita follow akan langsung memberikan informasinya dihalaman dashboard kita   yang bisa kita baca seacara langsung dengan sekali klik pada link yang tertera. Setiap tulisan yang kita posting diblog juga dengan mudah bisa kita share atau kita posting ulang difacebook, twitter ataupun situs jejaring sosial yang lainnya. Didalam Blog juga kita bisa memasang fasilitas chat box sebagai sarana buku tamu agar kita  saling sapa dan betukar link dengan para pengunjung blog yang lainnya. 

Sama halnya seperti situs situs terkenal yang menyediakan berbagai macam informasi berita dan tulisan, Media blog juga jika kita manfaatkan dengan maksimal maka tidak kalah hebatnya seperti situs situs komersil yang ada diinternet. Sekali lagi bahwa blog sendiri memiliki fitur yang banyak yang memudahkan kita untuk mengembangkan kreativitas dan ide ide segar yang ada dibenak kita. Maka tunggu apalagi mulailah untuk membuat satu buah blog sekarang. Step by Step kita akan merasakan nikmatnya wahana blog ini. 

Selamat Mencoba.

13 Okt 2012







Gunawan Alfarizi,

Mahasiswa Ekstensi 2011 Institut Sains Dan Teknologi Nasional |
Teknik Telekomunikasi | Engineer On Site PT Telkom | Kontributor Penulis 165

1 comments:

Post a Comment