Monday, October 10, 2011

Hilangkan Penatnya Pekerjaan Dengan Dhuha, Tilawah, Dan Sedekah

Berangkat Pagi Hari dari rumah atau Kost/Kontrakan, naik bus kota yang padat merayap, macet dan penuh polusi serta debu, panas yang menyengat, pekerjaan yang menumpuk, mungkin semuanya pernah kita alami sebegai seorang karyawan. Kepenatan dan Kejenuhan cenderung menyebabkan hati dan pikiran mudah untuk terangsang EMOSI,,!. Mungkin bagi sebagian orang, pekerjaan yang menumpuk di kantor terkadang menyita waktu kita untuk sejenak merefresh pikiran yang penat ini. Lantas bagaimana caranya agar hati dan pikiran kita tetap segar di tengah kepenatan di pagi hari dengan segudang agenda pekerjaan yang belum terselesaikan..? jawabannya, selain kita harus mampu memanage waktu kita, maka luangkanlah waktu untuk mengambil Wudhu untuk menyeka debu debu yang ada pada wajah kita, kemudian tunaikanlah shalat dhuha untuk menggerakkan sendi sendi kita di pagi hari, Tilawah 1/5 ayat ( disesuaikan ) untuk menyegarkan hati dan pikiran yang gundah gulana, dan sedekah untuk melapangkan rezeki kita. Sungguh meluangkan waktu 10-15 menit untuk menunaikan shalat dhuha dan tilawah tidak akan membuat kita rugi selama kita mampu memanage waktu untuk pekerjaan kita. Yakinlah Allah lah yang mengatur segala Urusan HambaNya.

Ada beberapa keuntungan dan hikmah dari Shalat Dhuha :

Shalat Dhuha adalah sedekah

Rasulullah bersabda,
Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat.
(HR. Muslim dari Abu Dzar)

Dalam diri manusia terdapat tiga ratus enam puluh ruas tulang, hendaklah ia mengeluarkan satu sedekah untuk setiap ruas itu. Para sahabat bertanya, “Siapa yang mampu mengerjakan hal tersebut wahai Nabi ALLAH?” Nabi berkata, “Dahak di masjid yang engkau pendam, suatu aral yang engkau singkirkan dari jalan. Jika kamu tidak mendapatkan sesuatu yang sepadan, cukuplah bagimu sholat Dhuha dua rakaat.” (HR. Abu Daud dan Ahmad dari Abu Buraidah)

Dicukupi Kebutuhan Hidupnya

Rasulullah SAW bersabda : Wahai anak Adam, rukulah (sholatlah) karena AKU pada awal siang (sholat Dhuha) emapt rakaat, maka AKU akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore.(HR. Tirmidzi)

Pahala Haji dan Umrah

Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa yang sholat Shubuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk ALLAH sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya. (HR. Tirmidzi)

Diampuni Semua Dosanya Walau Sebanyak Buih di Laut

Rasulullah SAW bersabda :Barangsiapa yang menjaga sholat Dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan.(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

Istana di Surga

Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa shalat Dhuha dua belas rakaat, maka ALLAH akan membangun istana dari emas di surga. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)


Keuntungan dari mereka yang suka tilawah / membaca al-qur'an :

Membaca Al Qur'an adalah sebaik-baik amal perbuatan.

Rasulullah bersabda : "Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan AL Qur'an" HR Al Bukhariy dari Utsman bin Affan.

Al Qur'an akan menjadi syafi' penolong di hari kiamat.

Rasulullah bersabda : Bacalah Al Qur'an sesungguhnya ia akan menjadi penolong pembacanya di hari kiamat " HR Muslim dari Abu Umamah.

Beserta para malaikat yang mulia di hari kiamat.

Rasulullah bersabda : "Orang yang membaca Al Qur'an dan dia lancar membacanya akan bersama para malaikat yang mulia dan baik. Dan orang yang membaca Al Qur'an dengan terbata-bata, ia mendapatkan dua pahala " Muttafaq alaih dari Aisyah ra.

Aroma orang beriman.

Rasulullah bersabda : "Perumpamaan orang beriman yang membaca Al Qur'an adalah bagaikan buah utrujah, oromanya harum dan rasanya nikmat.....

Penyebab terangkatnya kaum.

Rasulullah bersabda "Sesungguhnya Allah akan mengangkat suatu kaum dengan kitab ini dan akan menjatuhkannya dengan kitab ini pula" HR Muslim dari Umar bin Khatthab.

Turunnya rahmah dan sakinah.

Rasulullah bersabda : "Tidak ada satu kaum yang mereka sedang berdzikir kepada Allah, kecuali para malaikat akan mengitarinya, dan rahmat Allah akan tercurah kepadanya, dan sakinah (kedamaian) akan turun di atasnya, dan Allah akan sebutkan mereka pada malaikat yang ada di sisi-Nya. HR. At Tirmidziy dan Ibn Majah dari Abu Hurairah dan Abu Said.

Memperoleh kebajikan yang berlipat ganda.

Dari Ibnu Mas'ud ra berkata : Rasulullah SAW bersabda:"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka ia akan memperoleh satu hasanah (kebajikan). Dan satu hasanah akan dilipat gandakan menjadi sepuluh, saya tidak katakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi ali satu hurf, lam satu huruf, dan mim satu huruf. HR At Tirmidziy

Bukti hati yang terjaga

Dari Ibn Abbas ra berkata : Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya orang yang di hatinya tidak ada sesuatupun dari Al Qur'an, maka ia bagaikan rumah kosong. HR At Tirmidziy.

So, mari kita mulai dari sekarang juga, kita Hilangkan Penatnya Pekerjaan Dengan Dhuha, Tilawah, Dan Sedekah :)

oktober, 11, 20 11 @MNC

0 comments:

Post a Comment