Monday, June 11, 2012

Allah tahu apa yang tidak kita ketahui

Kita sebagai insan biasa tentu memiliki segala keterbatasan dan kelemahan. Tak selamanya kita bisa mengetahui apa yang Allah ketahui, Tetapi sungguh Allah sudah pasti tahu segala sesuatu yang tidak kita ketahui. Di setiap skenario yang Allah tentukan untuk setiap hambaNya pasti terdapat banyak rahasia yang tidak bisa kita ketahui. Akal kita ini terlalu terbatas untuk menilai setiap ketentuan yang Allah berikan kepada kita. Kita mungkin pernah mengeluh atas setiap ketentuan dan ketetapan yang Allah berikan kepada kita sebagai sesuatu yang kita nilai tidak sesuai dengan keinginan kita, Naudzubullah, semoga kita terhindar dari hal yang demikian. Teman sahabatku Apapun yang Allah berikan kepada kita atas setiap doa dan ikhtiar yang telah kita lakukan sesungguhnya itu semua adalah jawaban terbaik yang Allah berikan kepada kita. Hanya saja ketika ada belenggu dalam hati berupa rasa kecewa dan merasa adanya ketidakadilan kita malah menilai sesuatu yang telah Allah berikan kepada kita adalah hal yang bersebrangan dengan keinginan kita. Sadarkan bahwa Allah lah yang lebih tahu apa yang terbaik untuk diri kita di bandingkan dengan diri kita sendiri. Maka mari kita buka mata, hati dan pikiran kita untuk merenungi firman Allah SWT :


....Boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui” (QS Al-Baqarah: 216).

Ketidak berdayaan kita dan keterbatasan kemampuan kita ini haruslah menjadi bahan renungan bagi diri kita bahwa sesunggunya ada Allah Yang Maha Tahu atas segala sesuatu yang ia Ciptakan. Hanya mereka yang bisa menjaga hati dan pikirannya lah yang bisa mengambil saripati hikmah dari setiap kejadian ataupun episode kehidupan yang telah Allah tetapkan. Apapun rencana yang telah kita rancang untuk kehidupan kita kedepan tak bisa kita pungkiri didalamnya pasti terdapat takdir Allah. Allah memiliki jawaban disetiap doa dan ikhtiar yang kita lakukan selama hidup kita. Maka jangan pernah merasa letih untuk terus berdoa dan berikhtiar. Do the best all the time..!!

“Sungguh menakjubkan sikap seorang mukmin itu, segala keadaan dianggapnya baik dan hal ini tidak akan terjadi kecuali bagi seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, ia bersyukur, maka itu lebih baik baginya, dan apabila ditimpa penderitaan, ia bersabar, maka itu lebih baik baginya.” (HR. Muslim)

Tak ada gunanya mengeluh ataupun kecewa terhadap keputusan ataupun jawaban yang Allah berikan atas setiap doa dan ikhtiar kita. Bisa jadi Allah tidak mengabulkan doa kita saat ini karena Allah sudah mempersiapkannya di waktu yang lain. Sungguh Allah tidak selalu memberikan apa yang kita inginkan, tetapi Allah akan selalu memberikan apa yang kita butuhkan dengan ataupun tanpa kita minta sekalipun. Disadari ataupun tidak segala kebutuhan kita yang sangat penting selalu Allah siapkan untuk diri kita, maka menjadi insan yang bersyukur atas setiap karunia yang Allah berikan lebih baik di bandingkan dengan insan yang hanya bisa mengeluh oleh keadaan. Cukuplah yang menjadi rahasia Allah hanyalah Allah yang mengatahui, Tugas kita hanyalah berdoa, ikhtiar dan bertawakal kepada Allah. Nikmatilah setiap proses kehidupan yang kita jalani ini, biarkan Allah yang menilai hasil akhirnya. Manjadda Wajadda ( siapa yang bersungguh sungguh , maka ia akan berhasil ). Sertakan juga prasangka baik kita terhadap setiap keputusan Allah, karena sungguh Allah tidak pernah berkata bahwa hidup akan mudah, tapi Allah pernah berjanji bahwa hidup tidak akan lebih sulit dari kemampuan kita menanggung kesulitan...

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (QS. Al-Baqarah: 286)

Apapun yang menimpa pada diri kita saat ini, yakinlah jika kita menghadapinya dengan hati yang bersih, pikiran yang jernih, tawakal serta syukur maka semuanya akan menjadi mudah dan indah. Yakinlah Karena Allah selalu memiliki skenario yang indah untuk kita agar kita bisa tersenyum bahagia. Dan Allah selalu memiliki jawaban yang terbaik untuk setiap insan yang bermunajat kepadaNya. 

10/06/2012







Gunawan Alfarizi,
Mahasiswa Ekstensi 2011 Institut Sains Dan Teknologi Nasional |
Teknik Telekomunikasi | Blogger Mania | Kontributor Penulis 165 |

0 comments:

Post a Comment