Tuesday, January 17, 2012

CATATAN SEORANG ENGINEER BULAN JANUARI 2012 PART 4 ( PSB BACKHAUL M*C LIFE )

PSB ( Pasang Baru ) Link MPLS VPN IP Telkom untuk customer M*C Life di M*C Tower adalah backhaul yang pertama kali saya kerjakan selama menjadi EOS. Link ini merupakan titipan dari si boss yang selama bulan november cuti ke eropa, hmmm ya sedikit bingung dalam masalah koordinasi dan data yang ada, karena si boss cuma kirim no kontak & datek ajah. Tau kalo ada link PSB Backhaul ini waktu di telepon sama rekan akses dari cikini pak sugianto, dan beliau minta bantuannya sama saya buat kawal progress pengerjaan link ini. Hal pertama yang saya lakukan adalah kontak PIC sekaligun Manager IT dari M*C Life namanya pak lukas, ya sekedar kenalan dan say hello..!!. Info dari PIC ternyata untuk jadwal aktifasi link mpls vpn ip nya akan di lakukan pada awal bulan Desember 2011. Memang ada beberapa kendala dalam progress instalasi link VPN IP ini, terutama dari hal administrasi yang belum jelas dari si boss, mulai dari masalah router sampai dana untuk IKG ( Instalasi Kabel Gedung ). Allhamdulillah di bantu koordinasi sama EOS yang lama yaitu mas teguh, akhirnya saya bisa dapat dana untuk tarik kabel IKG nya. Koordinasi sama rekan Teknisi Gedung M*C Tower Pak syarif beliau siap bantu. Sebenernya simple sih cuma tarik kabel UTP dari Lantai 16 ke lantai 7, karena Posisi Switch HRB nya berada di lantai 16, sehingga tidak lagi menggukan modem. 


Hari berikutnya, kabel pun sudah di tarik oleh pak syarif, saya coba bantu koordinasi dengan manager IT M*C Life untuk coba tes link point to pint dahulu sebelum di pasang router. Ternyata karena di M*C Life belum ada staff IT nya jadi saya sendiri yang terjun ke lokasi untuk tes link point to pintnya. Sampai di lokasi saya koordinasi dengan teknisi gedung pak syarif untuk coba tes link secara bypass dahulu dari Switch HRB yang di lantai 16, Tes bypass oke, di lanjut tes bypass dari lnt 7. ternyata gak okeh -_-" .  Ternyata ada masalah di kabel utp nya, dan sayapun minta ke pak syarif buat tarik kabel yang baru. 

Hari berikutnya lagi saya terpaksan ke lokasi customer lagi buat mastiin link dari telkomnya sudah lurus. Allhamdulillah tes bypass link sudah tembus, PE dan CE sudah terdetek ( arp complete ). Dan ternyata saya baru tau kalo untuk M*C life ini ada 2 link yang satu sebagai backhaul dan yang satu sebagai cabang yaitu lokasinya di daerah roxy itc jakarta. Alhasil saya pun harus ke lokasi lagi buat cek link nya, karena info dari rekan akses setempat untuk kabel ikg sudah di tarik dan modem sudah di pasang.

Hari berikutnya lagi ( lupa hari apa ..? ) :p saya di temani oleh rekan EOS dari muamalat mas alwin untuk antar ke roxy. Janjian di lokasi pukul 09.00 sambil keujanan, ternyata PIC belum datang dan baru datang pukul 10.00 ( ngaret,com). Gedungnya masih baru dan belum di pasang AC, alhasil semuanya pada mandi keringat -_-". Singkat cerita saya coba bypass dari modem ke laptop untuk link vpn ip nya, ternyata link gak tembus, ARP Incomplete, padahal link sudah lurus dan Mac-address ke arah dslam sudah terbaca, walaaaah masalah lagi nih, di bantu koordinasi sama temen temen provesioning c4 mas hasan & mas steven untuk koordinasi secara pararel dengan rekan SA untuk pengecekan kelurusan link nya. cek ricek sampai jam 12 link belum tembus, dan pas jam 13.00 link baru lurus setelah modem di restart -_-". Tes point to point dari Backhaul ke Cabang Tembus, Next tinggal pasang router.

Masalah barupun muncul, belum ada kejelasan untuk perangkat router yang nanti akan di gunakan, bingung mau koordinasi kemana,,, -_-". koordinasi sama support AM ternyata harus ada surat KFS untuk pengadaan routernya, ternyata KFS nya masih di customer. Setelah Ambil KFS dari customer saya langsung serahkan ke  rekan pengganti si boss buat pesan routernya ke komet. Allhamdulillah terbantu juga akhirnya, Setelah router di pesan dan hari itu juga router langsung di pasang di 2 lokasi. 

Sebenarnya link ini selain di gunakan untuk kebutuhan transper data, ternyata di gunakan juga untuk VOip. makanya link ini dipasang QOS paket 3 di sisi backhaul dan QOS paket 2 di sisi Cabang roxy itc. Sampai saat ini link nya Allhamdulillah normal dan tidak ada trouble. 

Catatan : di perlukan koordinasi serta kesiapan yang mantap dalam merancang agenda agar tidak terlunta lunta di tengah jalan.


Catatan Seorang Engineer,

Gunawan Al-farizi 18/02/2012

0 comments:

Post a Comment