Tuesday, January 3, 2012

Evaluasi Episode kehidupan di tahun 2011

Tahun 2011 sudah berlalu dan telah berganti menjadi tahun yang baru yaitu 2012, banyak hal yang harus saya evaluasi selama satu tahun kehidupan yang saya jalani, sejenak berkata dalam hati, bukanlah waktu ataupun tahunnya yang istimewa, melainkan yang membuat tahun tahun yang kita jalani itu menjadi istimewa adalah ketika kita mengisinya dengan amalan dan aktifitas yang baik yang menjadikan diri kita lebih dekat dengan Allah, sebagaimana dalam firman Allah :

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)
“Demi masa, sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam keadaan merugi (celaka), kecuali orang-orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran, dan saling menasehati dalam kesabaran.” (Al ‘Ashr: 1-3)

Saya yakin bahwa setiap detik yang kita lalui, dan disetiap desah nafas yang kita hembuskan didalamnya terdapat takdir Allah SWT, dan detik ini pun Allah SWT masih memberikan kehidupan dan kesempatan kepada saya untuk bisa memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi di hadapan Allah SWT. Apa yang saya lakukan tak penah luput dari pandangan Allah dan ada 2 malaikat yang senantiasa setia untuk mencatat segala amal kebaikan dan keburukan yang saya lakukan. Lisan ini hanya bisa bersyukur atas segala karunia dan nikmat yang telah Allah berikan sampai detik ini, dan Istigfar akan selalu saya ucapkan karena saya hanyalah manusia yang tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Allah lah yang telah mengatur segala skenario kehidupan saya selama ini, Dan Allah selalu memberikan jawaban disetiap ikhtiar yang saya lakukan. Detik detik yang belalu ini haruslah menjadi amal shalih yang senantiasa mengiringi perjalanan hidup yang singkat dan sementara ini. 

Masih ingat ketika saya kecil, sayapun pernah memejamkan mata, berpikir dan berkata dalam hati, SIAPA SAYA, DARI MANA SAYA BERASAL, MAU KEMANA SAYA SETELAH KEHIDUPAN INI BERAKHIR, ..? pertanyaan yang sederhana namun di butuhkan kerjernihan hati dan pikiran untuk bisa menjawabnya dibarengi dengan action yang nyata.

Semoga di tahun ini, saya bisa terus memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi di hadapan Allah SWT.

Gunawan Alfarizi 04/01/2012

0 comments: