Monday, January 11, 2010

4 Tahapan Training Esq

Setelah berkiprah selama sembilan tahun di bidang pembangunan karakter dan sumber daya manusia, ESQ berhasil melengkapi empat tahapan Training ESQ. Berawal dari sebuah buku yang ditulis oleh Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian berjudul “Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual” yang kini telah terjual 1 juta eksemplar. Buku tersebut kemudian dikemas menjadi Training ESQ.

Keempat tahap training tersebut bertujuan untuk menggabungkan tiga potensi yaitu potensi fisik, emosi dan spiritual serta tiga kecerdasan yaitu IQ, EQ dan SQ, yang selama ini terpisah. Penggabungan tersebut akan menghasilkan sebuah totalitas yang didorong oleh tiga motivasi, dimana hidup dan bekerja bukan sekedar didorong oleh motivasi yang bersifat fisik maupun emosi namun juga motivasi spiritual. Hal tersebut akan menghasilkan kompetensi serta kehidupan yang berbahagia dan penuh makna.

Untuk mencapai hal tersebut peserta harus melalui 4 Tingkat Training ESQ secara berkelanjutan. Belum sempurna jika hanya mengikuti tingkat dasar, karena ibarat memasuki jenjang perkuliahan yang baru memasuki semester satu, tentu perlu dilanjutkan ke semester atau jenjang berikutnya. Masing-masing training memiliki tujuan sasaran yang berbeda-beda, namun saling melengkapi:

ESQ Tahap 1: Training Dasar

Tingkat pertama dari Training ESQ ini akan mengubah paradigma akan arti sebuah kebahagiaan dan pekerjaan. Jika selama ini sebagian besar orang memaknai kebahagiaan dan pekerjaan sebagai sesuatu yang hanya bersifat fisik atau emosional, menjadi sesuatu yang memiliki nilai spiritual, sehingga akan menemukan makna dan nilai kehidupan (meaning and values).

ESQ Tahap 2: MISSION STATE­MENT & CHARACTER BUILDING

Pada tingkat lanjutan pertama dari Training ESQ ini, akan dibangun misi kehidupan yang jelas serta terintegrasi. Jika selama ini misi kehidupan seringkali terpisah antara dunia dan akhirat, antara keluarga dengan pekerjaan, antara pribadi dengan pasangan, maka melalui training ini semua itu akan diintegrasikan menjadi satu. ESQ Mission & Character Building Training juga akan mengubah paradigma dalam melihat sebuah masalah, bukan lagi sebagai beban melainkan kesempatan atau wadah untuk menempa diri.

ESQ Tahap 3: SELF CONTROL & COLLABORATION

Training ESQ tingkat lanjutan kedua ini, akan membantu untuk mendeteksi kelemahan dan ke­kuatan diri serta bagaimana me­ngendalikannya. Selain itu, ESQ Self Control & Collaboration Training akan membangun kesadaran akan arti pentingnya sebuah kolaborasi yang penuh makna.

ESQ Tahap 4: TOTAL ACTION

Agar dapat mewujudkan sebuah ide dan nilai diperlukan kemampuan untuk mengeksekusi serta mengimplementasikannya da­lam aksi nyata. Itulah yang akan didapatkan dalam ESQ Total Action Training.

ESQ Membership

Training ESQ bukan hanya training yang bersifat intelektual, sehingga tidak cukup hanya sekedar diketahui dan dipahami. Training ESQ merupakan training untuk membangun kecerdasan spiritual, yang dapat diikuti berulang kali untuk mengasah & meningkatkan SQ.
Karena itu, ESQ memberikan kesempatan Re-training, untuk ting­katan yang sama, gra­tis selama 10 tahun di Menara 165 yang nya­man dan eksklusif, dengan menunjukkan ESQ Membership Card.

sumber : http://www.esqmagazine.com/jejak-langkah/2009/11/10/787/empat-tingkat-training-esq.html

0 comments:

Post a Comment