Thursday, July 18, 2013

Antara Setitik Jerawat Di Wajah Dan Setitik Dosa Di Hati


Jerawat di Wajah

Ngomong ngomong masalah jerawat dipipi, tentu diantara kita pernah ada yang merasakan yang namanya jerawatan. Jerawat yang menempel diwajah kita bukanlah sesuatu yang hadir tanpa sebab, ia hadir karena ada beberapa hal, diantaranya adalah :

# Kelebihan produksi kelenjar minyak
# Penyumbatan saluran pembuangan kelenjar minyak pada permukaan kulit
# Bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi.

Merasa terganggu ? tentu ya, siapapun kita merasa terganggu akan kehadiran jerawat ini, apalagi jerawat yang muncul di wajah ini sudah terlihat seperti bernanah dan banyak muncul bintik bintik jerawat yang baru. Terkadang kita juga jengkel ingin segera memecahkan jerawat yang terlihat sudah matang agar segera hilang dari wajah kita, namun tentu efeknya adalah akan ada bekas dari setiap jerawat yang pecah. Hal hal apa saja yang akan kita lakukan jika ada jerawat atau benih jerawat singgah diwajah kita :

# Bercermin, bahkan bukan sekali dua kali berceminnya, bisa berkali kali hanya karena ingin mengecek apakah jerawatnya semakin membesar, ataukah sudah hilang tanpa bekas dari wajah kita. Ekspresi ketika kita bercermin dengan wajah yang dipenuhi dengan jerawatpun tentunya bukanlah ekspresi kebahagiaan, melainkan ekspresi cemas bercampur dengan perasaan jengkel yang membuat raut muka kita sedikit melekuk kebawah alias manyun.

# Memecahkan jerawat yang sudah matang, biasanya dengan cara dipencet dengan menggunakan jari kita dipermukaan jerawat yang muncuk diwajah, tentu hal ini dilakukan karena kita sudah jengkel dengan jerawat yang tak kunjung hilang malah semakin membesar dan terlihat begitu nampak dari kejauhan, namun resiko dari memecahkan jerawat ini adalah akan adanya bekas dari jerawat yang pecah berupa bercak bercak hitam pada kulit wajah kita, dan tentunya ini akan semakin mengganggu penampilan kita.

# Membersihkanya dengan pembersih wajah, biasanya kita membersihkan jerawat tidak hanya dengan menggunakan air saja, namun juga menggunakan pembersih muka dengan berbagai macam merk terkenal yang ada di TV yang disesuaikan dengan karakter permukaan wajah kita. Tentu tujuannya selain untuk menghilangkan jerawat juga untuk memperhalus wajah agar wajah terlihat bersih dan juga agar terhindar dari munculnya jerawat yang baru.

Hal hal apa saja selain diatas untuk mencegah agar jerawat tidak lagi datang singgah menempel diwajah kita :

Perbanyak minum air putih dan Banyak mengonsumsi makanan segar dan alami
# Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet
# Olahraga secara teratur dan Hindari alkohol dan rokok
# Jangan menggunakan make up yang berlebihan
# Hindari stress
# Rajin berolahraga
# Jangan memegang jerawat dengan tangan kotor
# Obati dengan obat jerawat.
# Setitik Dosa Di Hati

Nah sekarang, kalau untuk masalah setitik atau dua titik jerawat diwajah saja kita udah begitu cemasnya, maka bagaimana jika ada setitik dosa atau noktah hitam yang singgah menempel dihati kita ? sudahkah kita sibuk mengurus dan mengecek titik titik dosa yang ada dihati kita sesibuk kita mengurusi jerawat diwajah kita ? Kalau kita berbicara mengenai dosa yang hinggap dihati kita, laksana kapas hitam yang lembut yang hinggap tanpa kita sadari keberadaannya, karena kurang pekanya hati kita terhadap sesuatu mengotorinya. Lantas apa yang menyebabkan adanya setitik dosa dihati kita ?

# Banyaknya buruk sangka, iri, dengki, dan sifat sifat buruk yang membuat hati kita lemah untuk mengingat Allah.
# Kurangnya dzikir didalam hati kita.
# Infeksi hati karena terbelenggunya hati oleh banyaknya titik titik dosa yang kita sadari dan tidak kita sadari.

Apakah kita merasa terganggu akan kehadiran setitik dosa yang ada dihati kita ? Jika kita menyadarinya maka kita akan langsung beristigfar dan bertaubat, tetapi jika kita tidak menyadarinya bahkan malah menikmati kehadiran akan setitik dosa yang hinggap dihati kita maka bisa jadi hati kita lama kelamaan akan diselimuti oleh tirai hitam yang membelenggu mata dan suara hati kita. Malulah kita kepada Allah yang mengetahui setiap isi hati hambaNya jika kita tidak peka terhadap dosa yang hinggap dihati sedangkan setitik jerawat yang hinggap diwajah kita saja kita dengan begitu sibuknya untuk segera membersihkan dan mengobati wajah kita. Lantas apa yang harus kita lakukan agar ketika ada setitik dosa dihati kita, kita segera menyadarinya dan sesegera mungkin membersihkannya :

# Bercerminlah, tidak cukup satu atau dua kali, namun bercerminlah setiap hari dan setiap saat untuk melihat pantulan apa yang ada dihati kita, adakah kecacatan yang ada dihati kita sehingga hati kita menjadi kotor karena dosa. Bercerminlah dengan jiwa yang bersih dan pikiran yang jernih jangan dengan cermin yang kusam dan buram, karena hanya cermin yang bersihlah yang mampu memberikan pantulan sempurna akan bayangan yang ada didepan cermin.

# Jangan membersihkan hati dengan perbuatan perbuatan yang kotor, perbuatan perbuatan atau sikap sikap yang kotor tentu tidak akan mampu membersihkan hati kita dari segala macam dosa, justru akan semakin menambah kotor hati, ibaratnya kita mencuci baju yang putih bersih yang ada noda hitam dibagian baju tersebut namun kita mencucinya dengan air yang keruh dan kotor, tentu yang terjadi bukannya pakaian kita bersih malah menambah kotor.

# Membersihkan hati dengan istigfar dan taubat, beruntunglah mereka yang menyadari akan adanya setitik dosa dihati dibandingkan dengan mereka yang lalai dan alfa akan setitik dosa dihati. Ketika kita sudah menyadari ada sesuatu yang tidak beres dengan hati kita yang membuat diri kita tidak nyaman dalam menjalani kehidupan maka beristigfarlah, karena dengan istigfar akan membuat hati kita kian tenang dan damai, tak lupa untuk senantiasa setiap hari untuk bertaubat, karena bisa jadi banyak kesalahan dan dosa yang tidak kita sadari yang hinggap dihati kita yang tidak kita ketahui kehadirannya yang membuat diri kita resah dan gelisah tanpa arah yang menyebabkan kita jauh dari sang pemilik hati Allah SWT.

Maka mulai saat ini, jagalah hati kita dari segala macam dosa yang membuat hati kita lemah bahkan cacat sehingga hati kita menjadi buta akan kebaikan. Dan kita perlu ingat selalu suplemen yang dapat menjaga hati kita dan membuat hati kita tenang yaitu :

# Jangan pernah lepas dari dzikir dan istigfar
# Senantiasa membaca Al-Qur'an
# Menjaga Shalat Wajib dan Shalat Sunah
# Bergaul dengan orang orang shaleh
# Merutinkan Shaum sunnah
# Memperbanyak sedekah
# Menjaga hati dari segala macam buruk sangka
# Senantiasa mendoakan kebaikan dan kebahagiaan untuk orang lain
# Selalu bertaubat
# Pesan dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam 

“Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ini terdapat segumpal darah. Apabila segumpal darah itu baik, maka baik pula seluruh anggota tubuhnya. Dan apabila segumpal darah itu buruk, maka buruk pula seluruh anggota tubuhnya. Segumpal darah yang aku maksudkan adalah hati.” (Hadis Riwayat Al-Bukhari).

Pesan dari pak mario teguh

"Ada satu taman, yang jika ia indah, keseluruhan hidup kita akan indah. Taman itu adalah hati. Taman hati yang indah itu berisikan bunga yang namanya syukur, yang dipupuk dengan tanggung-jawab, yang disirami dengan pengakuan bahwa semua hasil adalah pemberian Tuhan, yang disiangi dengan kejujuran, dan yang dipagari dan digerbangi dengan keikhlasan menerima apa pun sebagai keadaan yang terbaik yang masih bisa diperbaiki. Maka, Janganlah menanami hati dengan ilalang kemarahan."

Do'a agar hati senantiasa terjaga 

'Rabbabaa Laa Tuzigh Quluubanaa Ba’da Idz Hadaitanaa wa Hab Lana Mil-Ladunka Rahmatan Innaka Antal-Wahhaab'

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”
(QS. Ali Imran: 7)

Yaa Muqallibal Quluub, Tsabbit Qalbi ‘Ala Ta'atik'

Artinya: “Wahai Dzat yg membolak-balikan hati teguhkanlah hatiku diatas ketaatan kepadamu”
[HR. Muslim (no. 2654)]

Wallahualam Bissawab,


Penulis,






Gunawan Alfarizi,
Mahasiswa Ekstensi 2011 Institut Sains Dan Teknologi Nasional |
Teknik Telekomunikasi | Blogger Mania | Kontributor Penulis 165 |

0 comments:

Post a Comment